Perbedaan Antara Sablon Polyflex Dan Plastisol

Perbedaan Antara Sablon Polyflex Dan Plastisol

Yang sudah lama terjun dalam dunia sablon, pasti tau dong apa itu sablon polyflex dan sablon plastisol. Namun, dari kedua jenis sablon tersebut ada perbedaannya.. Berdasarkan teknik, sablon polyflex merupakan sablon yang menggunakan teknik digital, sedangkan sablon plastisol merupakan sablon kaos yang diproduksi secara manual. Untuk penjelasan yang lebih lanjut, berikut ini penjelasannya, guyssss.

1. Sablon Polyflex

Sablon polyflex merupakan sablon yang menggunakan bahan polyflex sejenis sticker atau vinyl yang diaplikasikan dengan menggunakan bantuan mesin cutting sticker dan mesin press kaos. Sablon bahan polyflex memiliki permukaan yang cukup kaku karena berbahan dasar plastik. Sablon polyflex ini bisa jadi sangat mudah dan sangat rumit saat melakukan peeling atau pengelupasan, tergantung dari tingkat pola design yang telah di cutting.

Sablon polyflex sendiri tidak hanya berjenis polyflex PVC saja, banyak bahan polyflex yang dapat diaplikasikan pada kaos seperti jenis Polyflex PU, Polyflex Flock, Polyflex Glitter, Polyflex Glow in the Dark, Polyflex Reflective, dll. Media aplikasi yang dapat disablon dengan bahan polyflex  sendiri seperti kaos, jersey, jaket, hoodie dll.

Kelebihan Sablon Polyflex

Kelebihan sablon polyflex seperti sablon polyflex PVC sendiri sangat lah beragam, itu sebabnya banyak pemangku bisnis sablon kaos yang menggunakan bahan polyflex untuk menunjang bisnis sablon nya. Berikut adalah kelebihan sablon kaos polyflex :

  • Memiliki hasil yang presisi
  • Warna tidak mudah pudar
  • Biaya produksi yang cukup terjangkau
  • Bisa sablon kaos secara satuan
  • Proses sablon cepat dan mudah (tergantung tingkat rumitnya design)

 

2. Sablon Plastisol

Sablon plastisol merupakan jenis sablon manual yang berbasis PVC tinta yang mana sablon plastisol ini memiliki daya keawetan yang tinggi. Sablon jenis plastisol ini juga merupakan sablon oil based sehingga menghasilkan hasil sablon yang mengkilap dan tidak mudah rusak. Perlu diketahui bahwa dengan melakukan sablon plastisol ini harus mengecheck tingkat kematangan tinta saat diuji, misalnya apakah tinta tersebut sudah kering atau belum, karena bisa jadi tinta luar kering namun tinta bagian dalam belum kering. Hal tersebut yang membuat sablon plastisol tidak bertahan lama dan mudah rusak.

Pemakaian sablon plastisol ini merupakan jenis sablon yang memenuhi standarisasi clothing diluar negeri dan tidak heran jika sablon plastison ini memiliki harga sablon yang cukup mahal, juga tidak diperkenankan menyeterika sablon plastisol secara langsung karena dapat merusak hasil sablon plastisol.

Kelebihan Sablon Plastisol

Dalam sablon plastisol sendiri memiliki beberapa kelebihan yang perlu diketahui diantaranya ialah :

  • Sablon plastisol sangat awet dan tahan lama meski dicuci berkali kali
  • Hasil sablon memiliki tekstur yang rapat
  • Hasil sablon sangat cerah dan mengkilap
  • Sablon plastisol merupakan standard clothing di luar negeri atau negara maju

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *