Perbedaan Antara Jaket, Hoodie, Dan Sweater

Perbedaan Antara Jaket, Hoodie, Dan Sweater

Beberapa orang sering salah perkiraan tentang sebutan yang mereka pakai, seperti jaket, hoodie dan sweater. Seringkali orang terbalik-balik dan bahkan kurang tau mana yang notabene itu jaket dibilang sweater dan yang notabene itu sweater dibilang hoodie begitu juga sebaliknya. Yaaa… memang sih ketiga jenis fashion itu serupa namun sebenarnya tidak sama. Ini dia perbedaan antara jaket, sweater dan hoodie :

Kita mulai dari Jaket ya. Jaket ini adalah baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul, dan fungsinya untuk menahan angin dan melindungi dari cuaca dingin, nah kalau yang modelnya panjang sampai sekitar bawah pinggang itu disebut mantel, bahkan ada yang sampai bawah lutut.

Berbeda dari kemeja atau blouse yang dibuat dari kain tipis, jaket ini dibuat dari kain yang tebal dan diberi kain pelapis, untuk penghangat tubuh, dan jaket ini tidak dipakai langsung bersentuhan dengan kulit langsung. Jadi, tidak perlu sering dicuci, bahkan ada sebagian yang terbuat dari bahan yang tidak dapat dicuci.

Untuk Hoodie, ini pada dasarnya sweater dengan topi. Kebanyakan di design dengan saku di depan dan tali untuk menyesuaikan topinya, Hoodie ini di buka dengan kancing, resleting dan ada yang model kaos langsung pakai. Hoodie adalah pilihan tepat untuk busana umum, dan olahraga ringan seperti jogging dan berjalan.

Sedangkan Sweater merupakan pakaian yang umumnya berat untuk menutupi badan dan lengan, biasanya dipakai di atas kemeja, blouse, atau kaos. Sweater ini terbuat dari kain wool, katun, benang sintetis atau campuranya.

Perbedaan dasar adalah pada cardigan (yang terbuka bagian depan) dan pullover (yang tidak terbuka). Kalau sweater ini tidak ada lengan, umunya disebut rompi sweater.

Nah, dari beberapa definisi di atas, semoga dapat menjadi referensi dan menambah pengetahuan tentang arti yang benar dan agar tidak salah perkiraan lagi dalam menyebutnya, tidak lucu juga kan kalau misalnya anda disuruh membelikan hoodie namun yang di dapat malah jaket? Nah, untuk itu lebih baik pelajari dahulu arti sebenarnya.

Baca : 4 Cara Mencuci Sweater Wol Dengan Baik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *