Manfaat Mencuci Pakaian Menggunakan Cuka

Manfaat Mencuci Pakaian Menggunakan Cuka

Buat kamu yang hobi masak, tentu saja cuka bukanlah bahan yang asing di telingamu. Cuka sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Kandungan asam asetat di dalamnya sering dimanfaatkan sebagai pengawet ataupun penambah rasa masakan. Tahukah Anda bahwa cuka juga bisa berfungsi untuk mencuci pakaian? Beberapa manfaat mencuci pakaian menggunakan cuka adalah mencerahkan warna, menghilangkan bau, dan mengatasi noda yang sulit dihilangkan.

Untuk keterangan lebih lanjut, simak di sini beberapa manfaat mencuci pakaian dengan cuka.

1. Mencerahkan warna

Salah satu risiko punya pakaian dengan warna cerah adalah warnanya yang bisa pudar kalau terlalu sering dicuci. Sekarang kamu nggak perlu bingung lagi karena cuka justru mampu membuat warna pakaianmu nggak cepat pudar.Untuk mencerahkan warna pakaian Anda, tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam cucian pakaian. Cuka dapat membantu deterjen bekerja lebih efektif, serta melindungi warna, dan memudarkan noda-noda yang membuat warna pakaian Anda menjadi kusam.

2. Pelembut pakaian

Ganti pelembut pakaian Anda dengan cuka. Cuka juga dapat berfungsi sebagai pelembut pakaian alami, tanpa meninggalkan residu apapun. Anda hanya perlu menambahkan setengah cuka ke bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

3 .Menghilangkan residu sabun

Sisa sabun atau biasa disebut residu ini kerap membuat sebal kita yang sering mencuci pakaian. Padahal rasanya sudah dibilas berkali-kali tapi tetap aja menempel. Residu ini dapat mengiritasi kulit sensitif, terutama pada bayi dan anak kecil. Asam asetat dalam cuka dapat memecah residu sabun yang mungkin telah terakumulasi pada pakaian, handuk, selimut, dan seprai Anda. Anda hanya perlu menambahkan satu cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian untuk menghilangkan penumpukan sabun. Atau dua cangkir cuka saat mencuci handuk, seprai, dan selimut.

4. Meminimalisir bulu-bulu hewan peliharaan

Cuka juga dapat membantu meminimalisir serat dan menghilangkan bulu-bulu dari hewan peliharaan Anda. Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian/

5. Menjaga warna putih

Cuka dapat membantu Anda menjaga warna putih pada pakaian dan membersihkan noda kotor. Tambahkan satu setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian berwarna putih.

6. Membersihkan noda

Anda bisa menyemprotkan cuka pada noda kopi, anggur, soda, cokelat, atau jelly. Sedang untuk noda yang terkena pada pakaian berbahan katun 100% poliester, Anda bisa mengoleskan langsung cukanya.

Biarkan selama sepuluh menit, lalu gosok perlahan dengan sikat lembut, dan cuci sesuai petunjuk perawatan pakaian. Untuk noda deodoran, gosokkan sebuah kain lap yang telah diberikan cuka secara perlahan.

8. Menghilangkan bau

Meskipun sebenarnya cuka nggak berbau, tapi dia bisa lho bantu menghilangkan bau membandel di pakaianmu. Campurkan 500 ml cuka pada bilasan terakhir cucianmu. Khusus untuk menyingkirkan bau asap, tambahkan 1 liter cuka dalam ember berisi air panas. Gantung pakaianmu di atasnya. Biarkan cuka menyerap baunya.

Untuk kamu yang suka lupa mengambil cucian di dalam mesin cuci sampai menimbulkan bau apek, jangan khawatir. Bilas lagi cucianmu dengan larutan air panas dan 2 cangkir cuka. Lalu cuci lagi dengan detergen. Niscaya bau apek akan hilang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *