5 Istilah Dalam Dunia Sablon

5 Istilah Dalam Dunia Sablon

Bagi yang sudah lama terjun di dunia sablon, pasti sudah tau dong istilah-istilah dalam dunia sablon. Memang sihh bagi yang belum pernah dengar, terdengar aneh dan asing.

Kali ini kita akan menjelaskan tentang istilah-istilah dalam dunia sablon yang perlu Anda ketahui. Nah, berikut ini penjelasannya :

1. Afdruk Screen

Afdruk screen adalah proses membuat cetakan design sablon di screen dengan bantuan cahaya baik cahaya matahari atau lampu.

Proses afdruk screen adalah sebuah proses photokimia, artinya sebuah proses kimiawi dari bahan yang bersifat peka cahaya.

Dengan menggunakan obat afdruk yang bersifat peka cahaya, maka kita akan bisa menghasilkan efek stencil, yaitu lubang bergambar. Melalui lubang bergambar inilah tinta akan turun dan tercetak diatas bahan.

Baca: Perbedaan Antara Sablon Polyflex Dan Plastisol

2. Gesut

Gesut adalah proses meratakan rubber / tinta sablon di atas screen agar tinta bisa menempel di kaos.

3. Pecah Warna

blog sablon medan

Pecah warna???

Ga salah tuh, emang warna kaya gelas bisa di pecah.

Iya beneran bisa, Cinta aja di film AADC bilang “Pecahkan saja warnanya biar ramai” hehehe just kidding.

Kembali ke laptop. Pecah warna itu istilah dalam proses editing desain sablon. Bila Anda menyablon gambar yang mempunyai warna lebih dari satu tidak mungkin dong cetakannya cuma satu.

Baca: 4 Jenis Tinta Waterbase Untuk Sablon

Pasti banyak sesuai jumlah warnanya karena 1 cetakan untuk 1 warna. Nah biar bisa bikin cetakan untuk masing-masing warna gambar harus diedit dulu di komputer nah inilah yang disebut pecah warna.

4. Cabut warna

Kalau tadi pecah warna sekarang saya akan menjelaskan cabut warna.

Apa yang dimaksud cabut warna?

Cabut warna adalah istilah lain dari discharge. Discharge atau yang umum disebut sablon discharge (sablon cabut warna) adalah salah satu jenis sablon kaos manual yang dalam proses pengerjaannya menghilangkan warna dari kain yang disablon sehingga tinta sablon bisa langsung terserap kaos dan nyaman digunakan.

Pada umumnya sablon cabut warna digunakan pada kaos warna hitam. Jadi sekarang sudah tahu kan alasannya kenapa disebut dengan cabut warna.

Baca: Berbagai Sifat Individu Dari Warna Kaos

5. Film Sablon

Yang dimaksud film sablon itu bukan film tentang sablon atau film dokumenter atau film dalam artian gambar bergerak. Film sablon adalah sebuah desain yang sudah diprint di atas kertas HVS/kertas kalkir yang akan digunakan untuk meng-afdruk screen.

Itulah 5 istilah dalam dunia sablon yang perlu Anda ketahui. Semoga melalui penjelasan ini, anda mengerti dan khusus untuk pengusaha – pengusaha sablon dapat menerapkan istilah – istilah ini dalam produksi usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *