Asal Usul Munculnya Kaos Raglan

Asal Usul Munculnya Kaos Raglan

Kalian pernah lihat kaos raglan ga? Pastinya bagi pecinta dan kolektor kaos, jenis kaos raglan ini sudah sangat tahu betul.

Kaos raglan merupakan salah satu jenis kaos yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Keunikan tersebut berupa potongan diagonal berbeda warna yang terdapat pada bagian lengan kaos. Kaos raglan ini dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipe lengan pendek, lengan  ¾ dan lengan panjang. Biasanya warna lengan kaos raglan lebih gelap dari warna badannya, sehingga terlihat kontras yang menarik. Namun tak jarang ada yang mencoba mengkombinasikan warna badan yang lebih gelap dengan warna lengan raglan yang lebih terang.

Dulu, para pemain baseball menggunakan model kaos unik ini sebagai kostum yang dipakai timnya saat bertanding. Oleh karena itu, baju kaos raglan ini juga tak jarang disebut dengan kaos baseball karena identik dengan olahraga tersebut.

Asal-usul penamaan raglan ini diambil dari nama seorang tentara Inggris, Fitzroy James Henry Somerset yang berasal dari sebuah desa kecil di Inggris bernama “Raglan”. Nah, saat terjadi peperangan antara Inggris melawan Perancis yang juga dikenal dengan nama “Perang Waterloo” atau “The Battle of Waterloo”, Fitzroy ini mendapatkan luka 5 tusukan pada lengannya, mau tidak mau akibat luka tersebut tangan Fitzroy harus di amputasi.
Kehilangan sebelah tanganya tidak melemahkan perjuangan Fitzroy, ia tetap semangat melanjutkan pertempuran.

Setelah tidak lagi terjun ke medan perang, Fitzroy belajar menulis dengan menggunakan tangan kirinya dan berkarier sebagai adminstratif di pemerintahan Kerajaan Inggris di kala itu. Karena jasa-jasa nya semasa perang, ia pun diberi gelar kehormatan “The 1st Baron of Raglan” yang berarti “Baron dari desa Raglan” oleh Kerajaan Inggris.
Gelar “Baron” adalah gelar kehormatan yang diberikan pihak Kerajaan Inggris kepada orang yang dianggap berjasa untuk negara.

Walaupun harus merelakan kehilangan satu tangannya, Fitzroy Sang Baron tidak cepat berputus asa.
Ia bangga karena telah berjuang dan mengabdi untuk tanah airnya. Semasa hidupnya, Fitzroy sangat suka menggunakan mantel dengan model jahitan tangan yang mirip dengan kaos raglan yang sekarang. Oleh karena itu, model kaos raglan yang kita lihat dan kenal sekarang diberi nama “Kaos Raglan” yang merupakan nama desa asalnya Fitzroy sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Nah, begitulah sejarah singkat asal-usul penamaan kaos raglan. Seiring berjalannya waktu, para kawula muda Amerika pada saat itu berinisiatif melakukan inovasi di bidang fashion. Ya, terinspirasi dari seragam pemain baseball, akhirnya mulailah baju kaos raglan dijual di pasaran.Warna kaos raglan yang dijual pun variatif, mulai dari kombinasi warna putih, hitam, merah, abu misty, biru dan berbagai kombinasi warna lainnya.

Sablon Medan juga menyediakan kaos raglan. Kaos polos raglan kami dibuat dari bahan cotton combed 24s/30s. tersedia dalam berbagai pilihan warna. Tersedia ukuran M,ML,L,XL. Kami juga menerima pemesanan kaos polos raglan sesuai dengan model warna pilihan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *