7 Tips Setrika Agar Kaos Terlihat Rapi

7 Tips Setrika Agar Kaos Terlihat Rapi

Menyetrika pakaian atau kaos dengan cara yang tidak tepat akan membuat hasil setrika yang kurang maksimal. Pakaian masih terlihat kusut jika dipakai. Dengan pakaian yang masih terlihat khusus pastinya akan mengganggu penampiilan anda dalam bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Maka mengenal teknik menyetrika pakaian dengan baik adalah hal yang penting bagi teman-teman sekalian. Sering kali kita menyetrika baju dengan asal sehingga baju yang di setrika menjadi tidak rapi.

Masih ada hal lain yang harus dilakukan saat menyetrika kaos. Berikut ini cara menyetrika baju yang benar :

1. Membalik kaos

Sebelum kaos di setrika ada baiknya kita membalikkan kaos tersebut, hal ini bertujuan agar warna luar kaos tidak memudar dikarenakan terkena panas setrika.

2. Mendiamkan setrika

Disarankan buat teman teman sekalian untuk mendiamkan terlebih dahulu setrikaan sebelum melakukan proses setrika hal ini akan membantu panas tersdistribusi secara merata pada setrika.

3. Sesuaikan suhu setrika dengan kaos

Gunakan panas setrika yang cocok untuk bahan dasar kaos anda, misalnya kaos berbahan katun anda dapat menggunakan panas dengan temperatur sedang , namun untuk kaos berbahan poliester gunakanlah panas tinggi. Petunjuk suhu untuk menstrika kaos dapat anda lihat di label kaos anda.

4. Mulailah dari daerah yang sederhana

Mulailah dengan menyetrika kaos yang kecil dan lebih mudah di setrika terlebih dahulu untuk memanagemen energi yang anda pakai saat menyetrika. Tidak di sarankan untuk menyetrika bahan yang lebih susah terlebih dahulu misalnya bahan jeans karena ini akan menguras banyak energi anda.

5. Memakai cairan pelicin

Untuk memastikan lipatan kain terlihat baik, menyetrika pakaian sebaiknya memakai cairan pelicin yang pada umumnya sudah dibubuhi pengharum. Selain itu, memakai cairan pelicin juga memudahkan Anda saat menyetrika baju. Namun, jangan berlebihan menyemprotkannya ke baju.

6. Jangan menyetrika baju yang masih lembab

Jangan sekali-kali menyetrika baju yang masih lembab apalagi basah karena bisa mempercepat pelapukan bahan dan menimbulkan bau yang tidak sedap sekalipun diberikan cairan pelicin. Jika Anda kesulitan mendapatkan matahari saat menjemur, maka lebih baik baju diangin-anginkan saja di dalam rumah.

7. Jangan berganti-ganti alur

Maksudnya adalah saat menyetrika baju sebaiknya membiasakan membentuk satu alur saja. Alur seringkali digunakan saat menyetrika kemeja atau celana kain karena ada lipatan tertentu yang menunjukkan kesan rapi. Untuk itu, jangan sering mengganti alur setrika untuk bahan tersebut jika ingin hasilnya optimal.

Itulah cara menyetrika baju yang benar. Jika semua baju bisa disetrika dengan baik, maka akan menunjang penampilan Anda. Anda akan selalu terlihat rapi dan bersih sehingga merasa lebih percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *