4 Cara Mencuci Sweater Wol Dengan Baik

4 Cara Mencuci Sweater Wol Dengan Baik

Sweater yang berbahan dari wol, aman enggak sih jika dicuci menggunakan mesin cuci? Hhhmmm… Jika dicuci secara manual, beratnya itu lohhh.. Males banget kan? Wol adalah jenis kain yang sedikit berisiko saat dicuci, karena jika sampai kurang tepat dalam mencuci maka serat terbaiknya akan mudah rusak. Berikut ini tips untuk mencuci sweater wol dengan menggunakan tangan :

1. Pisahkan dari pakaian yang ada pengait

Dengan cara ini, sweater Anda tidak akan mencuat jahitannya karena pakaian yang ada pengait besi bisa mencabut jahitan dan membuat sweater semakin rusak.

2. Rendam dalam air sabun hangat

Siapkan air hangat secukupnya dan tuang detergen, rendam sweater dalam air selama 20 menit, kemudian kucek dengan pelan dan jangan menarik terlalu keras, angkatlah sweater dengan tidak penuh air.

3. Jangan diperas saat meniriskan sweater dari air sabun

Saat meniriskan sweater dari air sabun, jangan memeras hingga sweater berkerut dan kering. Agar tidak melar, cukup remas-remas bagian yang basah. Setelah itu, masukkan ke dalam air bersih, ulangi sebanyak dua kali.

4. Angin-anginkan hingga kering

Setelah cukup kering, pasang hanger baju dari bawah sweater, jangan dari bagian lehernya. Kerahnya akan melar jika hangernya dipasang dari bagian leher.

Jika Anda merasa sulit ketika mencuci sweater dengan tangan, Anda juga bisa mencuci sweater dengan mesin cuci dengan cara yang tepat, terutama penggunaan detergennya jangan sampai menggunakan detergen laundry yang dapat merusak serat wool. Untuk memberikan perlindungan pada sweater, gunakan saja mesh bag ukuran besar. Cara ini efektif melindungi serat wol dari mesin cuci. Putar dengan mode “gentle” dan cuci selama 10-15 menit.

Untuk mengeringkannya, tidak masalah kok jika memakai dryer. Tapi, pastikan sweater masih terbungkus mesh bag ya. Putar saja dryer dengan setting 5 menit, lalu angin-anginkan di bawah paparan matahari. Kain wol yang berat sering kali menjadi masalah saat mencucinya. Tapi, kini Anda sudah tahu kan cara mencuci yang tepat? Semoga berhasil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *